Tips Sebelum Bersedekah

Kalian berniat untuk bersedekah? Kami punya tips nih agar sedekah yang kalian lakukan menjadi berkah. Sebelum bersedekah perhatikan hal-hal berikut ini, ya!

1.Jangan bersedekah hanya untuk mendapatkan pujian dari orang lain.

Jika sebelum bersedekah saja kalian sudah ingin mendapatkan pujian bagaimana bisa kalian mendapatkan berkah dari Allah SWT. Rasulullah pernah bersabda “Sesungguhnya setiap amal disertai niat, dan seseorang itu hanya akan mendapatkan apa yang diniatkannya.”

2.Harus berasal dari harta yang baik dan halal.

Allah berfiman “Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan dari padanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Mahakaya lagi Mahaterpuji.” (QS al-Baqarah [2]: 267).

3. Jangan berharap mendapatkan balasan yang lebih

“Dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak.” (QS al-Muddatstsir [74]:6) 

4.Jangan menyakiti orang yang diberi sedekah dengan menyebut-nyebut sedekah yang sudah diberikan.

 “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan sipenerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia.” (QS al-Baqarah [2]: 264).

5.Rahasiakan sedekah

 “Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS al-Baqarah [2]: 271).

6. Memberikan sedekah dengan hati yang ikhlas dan tersenyum kepada orang yang diberikan maupun menyalurkan sedekah.

“Dari Jarir bin Abdullah RA bahwa Rasulullah  bersabda, “Apabila penerima sedekah datang pada kalian, maka hendaklah kalian menginfakkannya sedang dia ridha pada kalian” (HR Muslim no 989) .

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *